KRISAN, BUNGA SERIBU WARNA

Hallo mahasiswa Agroekoteknologi!!! Tentunya kita udah gak asing lagi kan dengan yang namanya bunga krisan? Yapp, bunga krisan merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer dan diminati masyarakat Indonesia. Kepopuleran tersebut dikarenakan bunga krisan kaya akan warna dan corak yang menjadikannya sangat elok ketika dipandang. Tak heran jika bunga krisan ini dijuluki sebagai bunga seribu warna. Selain karena keindahannya, ternyata bunga krisan memiliki banyak manfaat serta mudah untuk dibudidayakan loh!


Bunga yang memiliki nama ilmiah Chrysanthemum ini berasal dari dataran Asia Timur. Tampilan warna bunganya yang sangat indah dan eksotik membuat bunga ini kerap dijadikan sebagai bunga spesial yang diidentikkan dengan romantisme, kebahagiaan, kegembiraan, dan momentum kebersamaan. Adapula sejumlah negara yang menjadikan bunga ini sebagai lambang kekaguman dan kebangsawanan.


Selain dikenal sebagai tanaman hias, krisan dapat dimanfaatkan sebagai tanaman kuliner, obat, farmakologis, dan bahan biopestisida. Krisan dalam bidang kuliner dikemas dalam bentuk teh. Kandungan potensial pada daun dan bunga krisan memiliki prospek yang besar untuk diolah menjadi kudapan lainnya seperti permen, keripik, dan minuman instant. Bagian batang, daun, dan bunga tanaman krisan dapat digunakan untuk mengobati flu, mengatur tekanan darah, membantu detoksifikasi, meningkatkan sistem penglihatan, dan sebagainya. Efek farmakologi lain dari krisan yaitu sebagai antioksidan, antiradang, antimutagenik, dan anti aktivitas alergi.


Nah, setelah mengetahui nilai estetik dan berbagai manfaat yang didapat dari bunga krisan, kita jadi ingin bisa menanam sendiri tanaman ini kan? Tenang saja, tanaman krisan cukup mudah untuk dibudidayakan kok. Sebagai contoh, kita bisa menanamnya secara langsung di dalam tanah pada lahan kebun atau menanamnya pada pot, disesuaikan dengan varietas bunga tersebut.

Sumber : Setiawati, Tia., Annisa., Fitriani, Nurullia. Dan B. N Ichsan. 2019. Pengenalan Khasiat Obat Tanaman Krisan Dan Pembuatan Teh Krisan Sebagai Minuman Kesehatan. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 7 (1) : 64-69.
Sumber gambar : https://cdn2.tstatic.net/jateng/foto/bank/images/obyek-wisata-pagilaran_20180516_195422.jpg

DIREKTORAT KAJIAN KABINET PANEN RAYA [HIMAGRON 2019]